Rabu, 06 Januari 2010

Shaggy Dog...and their new album


Shaggy Dog adalah band yang terlahir di Yogyakarta, tepatnya di kampung Sayidan. Pada tanggal 1 Juni 1997, 6 pemuda ini mengikrarkan janji untuk bisa setia berada di jalur musik. Band yang di gawangi oleh Heru (vokal), Richard (gitar), Banditz (bass), Raymond (gitar), Lilik (keyboard) dan Yoyo (drum). Shaggy Dog mempunyai fans yang cukup banyak, dan mereka disebut 'Doggys'.

Kiprah Shaggy Dog sebelumnya memang tidak santer terdengar, pasalnya mereka hanya manggung di seputaran kota Jogja dan sekitarnya. Shaggy Dog sempat vakum selama 3 tahun, namun hasil kerja keras dalam perjalanan musik yang cukup lama akhirnya mampu menorehkan hasil yang manis
Mengawali tahun 2010 dengan nuansa musik reggae bisa jadi tantangan tersendiri. Tak akan rugi, karena Shaggydog kini berdendang lagi lewat album 'Bersinar'.

Mungkin Anda bukan pecinta musik reggae. Namun album keempat band asal Yogyakarta ini memang spesial. Sedikit meninggalkan pasar musik Indonesia dan mencoba peruntungan mereka lagi. beralih dari trend pasar yang cenderung lagu bernuansa melayu, mendayu", dan terkesan cengeng

Single perdananya 'Honey' bernuansa dangdut jika didengar sekilas. Tapi jangan kaget jika Anda langsung bisa ikut bernyanyi. Sama menghanyutkannya dengan lagu 'Gosip' dan 'Wanita'.

'Joni Lint' dibalut nuansa swing. Sementara 'Insomnia' yang sedikit lebih mellow dari track lainnya terkesan gelap dan misterius. Sentuhan kibord dan gitar yang manis di lagu ini.

'Bersinar Kembali' dibungkus gitar akustik dan petikan fingering gitar elektrik sesekali. Calon single kedua oke juga.Shaggydog pun sedikit bicara cinta di 'Pelabuhan Cinta'. Lagu middle-beat asyik untuk merayu sang kekasih nih. 'From the Doc to the Dog' syarat kata-kata menarik. Coba cari tahu saja sendiri.Sedikit jazzy di 'Doggy Doggy' dan rock & roll di 'Bintang Kejora'. Menari salsa di lagu 'Ditato oke juga'.
Track penutup 'Lagu Reggae' sederhana. Lagu reggae.. hanyalah sekedar lagu reggae...

Di usianya yang ke-12 tahun, Shaggydog kini hanya digawangi Heru (vokal), Richard (gitar), Raymond (gitar), Lilik (kibord), Yoyok (drum) dan Bandizt (bass). Mereka melepas pemain brass. Namun nuansa brass yang cukup kental masih bisa didengar di album penerus 'Kembali Berdansa' di 2006 tersebut. Anda hanya perlu menikmatinya tanpa berpikir keras.

3 komentar:

  1. saggydog pada awalnya lebih bersinar di luar negeri khususnya belanda seperti di salah satu videoklipnya mereka sedang manggung dsana di ikuti sing a long dri para penonton.
    saggydog juga memiliki warna musik yang uniq dmana memadukan ska,reggae,blues dan rock"
    angkat skali lagi gelasmu kawand. . . . !!!

    BalasHapus
  2. yes bro..
    mendobrak irama musik yang mendominasi pasar..
    something fresh and new...

    BalasHapus
  3. hahaha vokalis nya baik dan berbakti pada orangtua

    BalasHapus